Sabtu, 03 Agustus 2013

Cara Mengenalkan Warna Untuk Anak Balita


Cara belajar ini khusus hanya untuk anak balita anda yang sudah berumur antara 3~4 tahun saja, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk anak balita anda yang berumur kurang atau lebih dari yang saya sebutkan diatas. Itu semua tergantung dari tingkat kecerdasan anak balita anda, apabila anak balita anda yang berumur 2 tahun sudah mampu untuk mengenal warna, bisa anda mencobanya untuk belajar mewarnai gambar atau mewarnai tulisan.

Dengan contoh sarana yang sudah saya sediakan seperti gambar yang ada dibawah ini, pada contoh tersebut coba anda perintahkan anak balita anda untuk mewarnai saja terlebih dahulu.





Caranya adalah pertama gambar yang ada diatas, anda cetak kedalam kertas putih A4 dengan printer berwarna sebanyak yang anda sukai. Langkah kedua adalah berikan pensil warna dalam 1(satu) set komplit kepada anak balita anda.


Langkah ketiga ini adalah sarana pengujian tingkat kecerdasan anak balita anda, caranya adalah dengan memberikan kertas contoh yang sudah anda cetak kedalam kertas A4 tadi supaya diberikan kepada anak balita anda. Perintahkan pada anak balita anda untuk mewarnai gambar yang kosong dengan pensil warna yang sesuai dengan warna contoh diatasnya.

Apabila anak balita anda mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, pasti dengan sendirinya akan memberikan warna yang sesuai dengan warna contoh diatasnya. Apabila  anak balita anda merasa kesulitan dalam menentukan pensil warnanya itu berarti anak balita anda belum saatnya untuk menjalani test kecerdasan. Tetapi tugas orangtua lah sekarang untuk mengajari atau memberitahukan tentang macam-macam warna kepada anak balita anda.

Sampai anak balita anda betul-betul memahami dan mengenal warna-warna dasar saja. Selanjutnya anda bisa mengajarkan yang lainnya kepada anak balita anda, seperti menggambar apa saja sesuai dengan keinginannya. Jangan sekali-kali anda coba-coba untuk memaksakan atau melarang anak balita anda dalam berkreasi mewarnai gambar atau tulisan apa saja.

Apabila anda sampai memaksakan atau melarangnya, maka efek sampingnya adalah imajinasi tingkat kecerdasan anak balita anda akan terbelenggu an tidak dapat berkembang lebih jauh lagi atau tidak dapat berkembang dengan sempurna. Jangan sekali-kali memperlihatkan sikap tidak senang kepada anak balita anda dari hasil usaha jerih payah anak balita anda dalam belajar mewarnai gambar atau tulisan.

Usahakan selalu anda tersenyum puas atas usaha jerih payahnya dala belajar mewarnai gambar dan tulisan. Sikap yang terbaik adalah memuji dari hasil karyanya, sehingga anak balita anda mempunyai percaya diri yang tinggi dan hal ini akan membuat semangat yang tinggi juga akan membangkitkan nilai-nilai kecerdasan otaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar