Kamis, 01 Agustus 2013

Bagaimana Cara Mengajari Anak Balita Menulis


Dhedhek Enthings disini akan memberikan cara mengajari anak balita belajar menulis menurut pengalaman yang saya dapat dari bapak saya. Dulu bapak saya kalau mengajari anak-anaknya yang masih balita untuk belajar menulis dan menggambar hanya diberikan seperangkat alat tulis kesukaannya saja, yaitu pensil hitam dan pensil berwarna dalam satu set berikut buku gambar dan buku tulisnya.

Kata bapak saya cara ini efektif hanya untuk anak balita yang sudah berumur sekitar 2~4 tahun saja, seperti yang pernah bapak saya ajarkan kepada saya dan kakak-kakak saya semuanya.

Karena pengalaman dari bapak saya yang diceritakan kepada anak-anaknya dulu sewaktu masih kecil-kecil. Dulu kata bapak saya bahwa anak-anaknya suka mencoret-coret tembok rumah dengan gambar yang tidak beraturan seperti benang kusut, ada juga coretan pensil yang panjang dari dapur sampai ruang tamu.


Saya dan kakak sayapun jadi malu dan tertawa geli setelah diberitahu oleh bapak saya, sewaktu saya masih kecil, tetapi bapak saya tidak marah justru senang anaknya sudah mau mengenal untuk belajar membuat tulisan atau gambar. Padahal yang digambar itu hanya sebuah garis-garis melingkar-lingkar saling tumpang tindih tidak beraturan seperti benang kusut.






Dan Bapak sayapun bertanya kepada saya : Gambar apa itu Dhedhek Enthings...? Dan sayapun menjawabnya seenaknya seperti yang saya inginkan yaitu gambar ikan. Bapak sayapun berkomentar tentang gambar saya tadi : Wah...!!! bagus ya gambar ikannya...!

Dan sayapun jadi senang karena gambar saya dibilang bagus oleh bapak saya, dan saya tambah semangat untuk menggambar dan membuat tulisan dengan mencoret-coret buku gambar saya dengan pensil hitam maupun pensil warna.

Setelah saya besar seperti sekarang ini saya baru tahu hikmahnya, bagaimana bapak saya mengajarkan cara menulis dan menggambar anak-anaknya. Kata bapak saya pertama kali diharapkan adalah anaknya suka menulis atau menggambar terlebih dahulu, supaya tangan anak-anaknya menjadi lentur dalam memegang alat tulis.

Kedua yang diharapkan oleh bapak saya adalah anak-anaknya gemar belajar menulis atau menggambar sesuai dengan keinginan hatinya, walaupun gambar atau tulisan itu belum berujud gambar atau tulisan yang sebenarnya. Sehingga menjadikan kebiasaan anak-anaknya untuk selalu belajar menulis dan menggambar apa saja yang diinginkannya.

Demikianlah pengalaman yang diceritakan bapak saya kepada saya, sehingga sayapun mendapatkan manfaat hingga menjadi pelajar yang mempunyai prestasi tinggi dari sekolah dasar sampai Sekolah Menengah Pertama mendapat Ranking Nomor satu terus.

Sekarang ini Dhedhek Enthings sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah kejuruan Kimia atau SMK Kimia Cilegon. terima kasih buat teman atau saudara-saudara semua yang telah sudi membaca tulisan saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar